SMKN 1 Losarang Menuju Paperless

December 13th, 2012 | Author: admin

Setelah satu tahun tim ICT SMKN 1 Losarang mengadakan uji coba mengadakan Latihan Ujian Nasional 2011/2012, akhirnya sampai sekarang kita tetap melaksanakan Ujian Teori di akhir semester menggunakan semi paperless.

Teknologi yang sangat mudah dijangkau oleh semua pihak ini sangat memungkinkan dilaksanakan oleh semua sekolah. Cukup mempersiapkan LCD poyektor tiap ruangan kelas, maka dengan aplikasi Power Point dari Microsoft dan sejenisnya dengan disisipi counter down yang dibuat oleh aplikasi macromedia flash dapat menghemat anggaran jutaan rupiah per kegiatan UAS tersebut. Panitia cukup menyediakan Lembar Jawaban saja.

Tim ICT masih berupaya ingin memaksimalkan Sistem Ujian Teori ini dengan Full Paperless, maka di tahun ini mencoba sebagai percobaan satu mata pelajaran mulok dan produktif TKJ untuk kelas XII menggunakan aplikasi yang memungkinkan semua kalangan bisa melaksanakannya.

Kendala pada ujicoba ini semua peserta ujian harus mempunyai perangkat komputer pribadi. misalnya Laptop, netbook tablet dan smartphon yang online. Aplikasi yang kami coba yaitu dengan formulir yang disiapkan oleh Google Docs. Kita tinggal mengisi konten soal berbagai bentuk seperti Essay yang menggunakan jawaban singkat atau satu paragraf, pilihan ganda, pilihan dengan kotak yang memungkinkan dapat memilih jawaban lebih dari satu point.

Pemanfaatan aplikasi Google Docs ini cukup membantu walau sedianya diperuntukan bagi formulir angket penelitian terhadap pelanggan. Sekarang Google Docs dapat diarsipkan melalui Google Drive. Kita dapat space drive di Google gratis 5GB.

Kalau di Cisco Academy memang sudah tidak asing lagi metode paperless ini karena memang sudah konsen dipersiapkan dan berjalan  sejak dasawarsa yang lalu. Kami juga mengarah ke penggunaan test engine seperti itu agar lebih praktis bagi guru dalam menyelesaikan administrasinya. Sehingga guru lebih professional konsentrasi kepada metode penyampaian bahan ajarnya dalam pelaksanaan PBM saja

Bagi yang berminat untuk mencoba formula sederhana dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah familiar Microsoft Power Point dan Aplikasi Google Docs silahkan untuk mencoba.

Sekian semoga bermanfaat..

 

This entry was posted in Info Kegiatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>